MATA DEWA 2022/2023

 MATA DEWA 20 | 2023


Mata Dewa merupakan suatu acara yang spesial bagi kelas XII. Acara tersebut adalah bukti bahwa perjuangan mereka dari awal berada di SMA Negeri 3 Jember membuahkan suatu hasil, yaitu kelulusan. Perjuangan mereka tak dapat diremehkan, semua bentuk usaha mereka curahkan untuk mendapatkan kelulusan tersebut. Suatu pertemanan dan persahabatan pun tak luput dari mereka. Teman semasa SMA selalu memiliki tempat tersendiri di hati mereka.


Dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Perpisahan adalah suatu waktu yang sangat berharga. Perpisahan pasti ada yang menyenangkan ada juga yang menyedihkan. Siswa-siswi kelas XII sudah berjuang menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 3 Jember selama tiga tahun. Banyak hal yang telah didapatkan baik suka maupun duka. Semoga apa yang telah didapatkan, dapat berguna bagi diri sendiri, agama, orangtua, serta bangsa dan negara. Dan tentu untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi. Dengan adanya acara perpisahan seperti ini, semoga dapat menjadi kesan tersendiri bagi siswa-siswi.


Tanggal 20 Mei 2023, tepatnya pada Hari Kebangkitan Nasional, SMA Negeri 3 Jember mengadakan perpisahan sekolah atau Mata Dewa ke 20 di lapangan tengah SMAN 3 Jember yang dihadiri oleh seluruh Guru, Karyawan, dan Siswa-siswi kelas XII. Berbeda dengan tahun lalu, dimana acara Mata Dewa tahun ini berfokus pada acara sakral dan hikmat untuk pelaksanaan wisudanya. Untuk merayakan kelulusan Angkatan 36, tahun ini Mata Dewa 20 bertemakan ABHIPRAYA NAWASENA. Abhipraya yaitu “Mempunyai Harapan” dan Nawasena yaitu “Masa Depan yang Cerah". Bermakna generasi gemilang bangsa mempunyai sejuta harapan dan mimpi mencapai masa depan yang cerah.


Acara pertama disambut oleh ekskul tari yang mempersembahkan Tari Moncer, dilanjutkan pembukaan oleh MC Formal kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMAN 3 Jember. Dilanjut pembacaan doa oleh Ust. Alfan Santoso S. Pd. I, sambutan Narendra Cakra Wibawa Sariyono selaku Ketua Panitia Mata Dewa 20, sambutan Kepala Sekolah Bapak Drs. H. Karniyanto, MM, sambutan komite Bapak Miantho Warsito, SH.M. Kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan oleh Waka Kurikulum Ibu Yuswitasari S.Pd, MP. Prosesi pelepasan dan penyerahan Buku Kenangan oleh perwakilan kelas XII, Kepala Sekolah dan Ketua Komite, selanjutnya pengumuman ranking pararel, di lanjut prosesi wisuda kelas XII MIPA 1 – 5. Dilanjutkan acara hiburan formal yaitu penampilan musikalisasi puisi oleh Jasmine Faradila Khairani dan menyanyi solo oleh Nadia Febriyanti. Dilanjutkan prosesi wisuda kelas XII MIPA 6 & XII IPS 1-3. Kesan pesan oleh Farah Maulia Zilvania dan Bonanza Aulia Mahafantasy. Terakhir, sesi foto guru. Acara formal pun ditutup oleh MC Formal. Bersambung ke acara Non Formal yang dibuka oleh MC Nonformal. Acara pertama terdapat pengumuman Siswa Ter – Ter yang dibacakan oleh MC Nonformal, penampilan kelas XII, penampilan band, lalu sesi menyanyi oleh Deviensa Sellovia dan Eghy Danuarta, dan terakhir penutup oleh MC Nonformal.


Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Masa depan terus berlanjut jangan pernah menyerah untuk suatu kegagalan. Setiap kegagalan pasti ada hikmah dan menuntut kita untuk menemukan jalan yang baru. Semangat teman temanku untuk meraih kesuksesan di masa depan. Sampai jumpa di Mata Dewa selanjutnya!! See you👋🏻









Komentar